Apa Itu CSS ( Casding Style Sheet )? Pengertian, Attribute, Penulisan


Erlangga Hidayatullah - CSS adalah singkatan dari Casding Style Sheet yang di ciptakan oleh W3C ( World Wide Web Consortium )
Tujuan utama CSS adalah untuk mengatur atau mempercantik, memperindah di mata pengunjung atau untuk mengendalikan HTML ( Hyper Text Marqup Ligue ).
Jika ingin menjadi desain web handal wajib harus paham CSS Dan HTML dan melanjutkan ke program seperti Javascript, PHP, Mysql, DLL. Saya juga belum agak paham semua program web.

CSS mempunyai 4 Attribute atau bagian - bagian dari CSS yaitu :
  1. Selector
  2. Property
  3. Value 
  4. Declaration

1. Selector

Selector adalah bagian dari element yang kita ingin atur stylenya. Selector dibuat dari HTML seperti div id atau div class atau bisa juga bawaan defaultnya dari W3C. untuk pemahaman div id, div class saya insaalah akan posting.
Contoh Penulisan Selector :   

body
{background:#000}


Yang diberi warna
Merah itu adalah Selector atau element default. Sudah paham kan Atribute yang ke satu ini, kita lanjut ke Property



2. Property

Property adalah atribute yang kita butuhkan untuk mengatur style seperti warna text, background/latar belakang, DLL. Nah Property bisa disebut bersahabat atau berteman dengan Value, jika Property tanpa value tidak akan menghasilkan sebuah style. Contoh Penulisan Property :

#header{
background:#000;color:#fff}


Yang diberi warna Merah itu adalah bagian dari Property atau untuk mengatur style.

Background adalah mengatur latar belakang element yang di tentukan.
Sedangkan
Color adalah mengatur warna text pada element tersebut.
Untuk Property lainnya insaalah saya akan post.



3. Value

Value atau Nilai berfungsi untuk memberi nilai pada Property atau untuk mengpaskan style yang anda inginkan pada element tersebut.
Contoh Penulisan Value :


#header{background:#000;border:3px #666 solid}

Yang diberi warna Merah itu adalah bagian dari Value atau untuk mengatur nilai style.#000 itu adalah kode warna dari hitam.3px #666 solid itu adalah border atau garis dan 3px untuk mengatur tebalnya garis, #666 untuk mengatur warna garis, solid untuk mengatur type garis yang digunakan

4. Declaration

Declaration adalah bagian Tutup atau seperti jendela Property Dan Valuenya Adalah Rumah. Decrlaration adalah text seperti " { } " jika tanpa Declaration Selector, Property, Value tidak akan jadi.
Contoh Penulisan Declaration :


#header{background:#000;border:3px #666 solid}

Yang di beri warna
Merah itu adalah Declaration atau pembuka dan penutup Property Dan Value.


Ada satu lagi yang harus di perhatikan yaitu
TITIK DUA dan TITIK KOMA dalam Property dan Value Lihat yang di beri warna Merah dan warna Biru di bawah :


#header{background
:#000;border:3px #666 solid}


Yang diberi warna Merah itu untuk memberikan Value/Nilai pada Property dengan menggunakan titik dua untuk menyambungan Property dengan Value. Sedangkan yang diberi warna Biru untuk membatasi Property dan Value atau dalam istilahnya Garis atau Batas dalam Property dan Value tersebut.

Untuk lebih mengenal bagian Property dan Value tunggu di blog ini. Yang saya tau cuman ini artikel tentang CSS, jika masih bingung silahkan bertanya di komentar. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat Salam Blogger Newbie ...

Ferry NurdiantoDitulis Oleh : Erlangga Hidayatullah

Artikel Apa Itu CSS ( Casding Style Sheet )? Pengertian, Attribute, Penulisan, diterbitkan oleh Unknown pada hari Jumat, 14 November 2014. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi Anda. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste / menyebar luaskan artikel ini, namun anda harus meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.

2 komentar

Wow Artikel bermanfaat , Sekalian jalan2 kalau mau visit boleh

http://essindosoft.blogspot.com/

Reply

Makasih Sobat Telah Berkunjung :D

Reply

Posting Komentar